Kenali, Sebab-sebab Masuknya setan atau jin Kedalam Tubuh Manusia

Ruqyah
Penyebab gangguan jin

Potensi gangguan setan/jin pada manusia.

” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya setan menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah. Aku khawatir sekiranya setan itu menyusupkan kejelekan dalam hati kalian berdua.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 3281 dan Muslim no. 2175).

Ketika setan berhasil masuk kedalam tubuh manusia melalui aliran darah mereka maka hal ini akan memberikan dampak buruk bagi manusia tersebut baik secara fisik, psikologis, sifat dan perilaku keseharian kita.

Dalam kondisi seperti inilah setan akan sangat mudah menggelincirkan kita pada kesesatan, dengan merusak aqidah kita, menodai ibadah kita dan memperburuk akhlaq kita.

Terkait dengan gangguan dan besarnya potensi masuknya setan atau jin kedalam tubuh, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui penyebab atau faktor yang memudahkan setan/jin tersebut memasuki dan mempengaruhi jasad dan pikiran kita, adalah sebagi berikut :

  1. Faktor Internal (Dari diri sendiri)
  • Melakukan perbuatan syirik, baik sengaja ataupun tidak disengaja (mendatangi penyihir, tukang ramal, percaya pada tamimah/azimat, isim, memasang susuk, benda2 pusaka, pesugihan, dst)
  • Melakukan dosa besar (Durhaka pada orangtua, dst)
  • Sering memelalaikan Ibadah wajib maupun sunnah
  • Mengambil hak oranglain tanpa hak
  • Melakukan perbuatan zholim pada bangsa jin, sengaja atau tidak sengaja (membuang air panas sembarangan, buang air kecil bukan pada tempatnya; contoh dibawah pohon atau lubang dst)
  • dsb
  1. Faktor Eksternal ( Dari luar)
  • Dicintai oleh bangsa jin, jin wanita mencintai laki-laki dari kalangan manusia atau jin laki-laki mencintai wanita dari kalangan manusia (pada kasus ini manusia yang dicintai kalangan jin, mayoritas akan kesulitan dlm mendapatkan jodoh, karena dihalangi oleh jin tersebut)
  • Gangguan jin yang disebabkan oleh SIHIR yang dikirimkan oleh hamba setan yaitu para dukun, sihir ini merupakan fitnah diantara manusia yang menjerumuskan pelakunya pada dosa yang teramat besar yaitu perbuatan syirik, sehingga menyebabkan pelakunya rusak aqidahnya. Kemudian bagi korban sihir mereka akan mengalami penderitaan baik secara lahir dan batin.
  • Gangguan jin tanpa sebab, disebabkan jin yang iseng yang mengganggu manusia tujuannya untuk menunjukan eksistensinya dan menggota agar manusia takut dan terjerumus pada dosa syirik.
  • Dsb

Potensi gangguan jin bisa menimpa siapa saja, pastinya semakin beriman seseorang maka ujiannya akan semakin besar, kuncinya adalah senantiasalah kita berlindung kepada Allah dan berpegang teguh pada sunnah Rasulullah.

Karena sesungguhnya “Dan tidak akan menang seorang penyihir, dari manapun ia datang (Thaha/20: 69)

sumber :  Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau Risalatu al-Jin hal. 28 yang di ringkas oleh Syaikh Wahid Abdus Salam Bali dalam kitabnya Wiqoyatul Insan min al-Jin was-Syaithon hal. 72