Terapi Bekam Steril Standar

bekam steril bekasi
bekam tambun bekasi

Sebagai upaya melestarikan pengobatan sesuai sunnah Nabi,  Rumah Terapi Khalifa melayani Terapi Bekam Steril untuk Ikhwan dan akhwat sesuai standar PBI beralamat :

Ruko Wisma Ananda

Jl Setiadarma 3 No 19 Tambun selatan Bekasi Timur

Telp 021 82656603  Hp/WA 081281073590

 

DEFINISI AL HIJAMAH (BEKAM)

Kata al-hijamah berasal  dari Bahasa Arab artinya  mencegah, menyedot, memalingkan, memagut, mematuk, menjauhkan. Kata ini digunakan dalam konteks pengobatan sebagaimana yang diketahui umum, maka artinya adalah  menyedot darah dengan alat bekam.

Pelaksananya disebut al-hajim atau alhajjam. Maka kata al-hijamah dapat diartikan - atau pekerjaan orang yang berpraktik bekam (Al-Mu'jamu-Wasith). Dalam bahasa Inggris disebut dengan "Blood Cupping". Dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah "Bekam". Di Indonesia kita kenal dengan istilah Kop atau Cantuk.

Terapi Bekam merupakan salah satu teknik pengobatan Sunnah Rasulullah SAW yang telah lama dipraktekkan oleh manusia sejak zaman dahulu kala, kini pengobatan ini dimodemkan dan mengikuti kaidah - kaidah ilmiah medis kontemporer, dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif serta meminimalisir efek samping.

Teknik pengobatan bekam adalah suatu cara membuang darah statis (toksin-racun) yang berbahaya dari dalam tubuh, melalui permukaan kulit.

Toksin adalah endapan racun / zat kimia yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Toksin ini berada pada hampir setiap orang karena berasal dari pencemaran udara, maupun dari makanan yang mengandung zat pewarna sintetik, pengembang, penyedap rasa, pemanis buatan, insektisida-pestisida dari buah dan sayuran dll.

Definisi bekam menurut Ibnul-Qayyim Al-Jauziyyah : الحجلمة تستخرج الدم من نواحي الجلد

"Hijamah adalah pengeluaran darah dari permukaan kulit perifer " `Zadul Ma al. 4/53

 

sumber : Pengajaran Bekam Perkumpulan Bekam Indonesia

Kategori: