Ruqyah di Zaman Nabi Muhammad SAW

terapi ruqyah
Kenali dan pelajari tentang tata cara ruqyah yang sesuai dengan syariat , jangan sampai kita terjerumus dengan ruqyah syirkiyah.

Assalamualaikum, dikesempatan kali ini akan dibahas mengenai ruqyah di zaman nabi Muhammad SAW. Selain ruqyah di zaman nabi Muhammad, ruqyah juga terjadi di zaman jahiliyyah. Dikala itu, Ruqyah di zaman Nabi Muhammad  dipergunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti disaat seseorang terkena ular berbisa atau yang lainnya. Setiap umat manusia yang paham dan mengerti kemaslahatan pastinya senantiasa selalu berkeinginan menjaga kesehatan dirinya dan juga jiwanya.

Metode ruqyah merupakan salah satu cara pengobatan yang kaum jahiliyyah yakini dapat menyembuhkan gangguan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Barangsiapa dapat memenuhi atau menjaga kesehatan tersebut maka karunia Allah untuk dirinya cukup besar. Ruqyah di zaman nabi Muhammad sangat meluas, sehingga wajar saja apabila pengobatan dengan metode ruqyah telah banyak dikenal di kalangan masyarakat pada waktu itu.

Ruqyah di zaman nabi Muhammad diperbolehkan keberadaannya ketika Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam diutus menjadi seorang Rasul. Setelah kejadian itu maka ditetapkanlah metode ruqyah yang dibolehkan dalam Islam untuk kegiatan penyembuhan dan pengobatan bagi seluruh umat islam. Ruqyah dizaman nabi Muhammad selanjutnya Allah menurunkan surat al-Falaq dan An-Naas, yang salah satu fungsinya sebagai pencegahan atau terapi bagi orang beriman yang terkena gangguan sihir.

Diriwayatkan oleh ‘Aisyah bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa membaca kedua surat tersebut dan meniupkannya pada kedua telapak tangannya, mengusapkan pada kepala dan wajah dan anggota badannya. Dari Abu Said bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dahulu senantiasa berlindung dari pengaruh mata jin dan manusia, ketika turun dua surat tersebut, Beliau mengganti dengan keduanya dan meninggalkan yang lainnya” (HR At-Tirmidzi).

Kenali dan pelajari tentang tata cara ruqyah yang sesuai dengan syariat , jangan sampai kita terjerumus dengan ruqyah syirkiyah.

Demikianlah informasi seputar ruqyah di zaman nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, semoga ajaran yang beliau wariskan kepada kita dapat kita amalkan selalu. Semoga kita berada di jalan yang benar dan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Setelah mengetahui ruqyah di zaman nabi Muhammad semoga kita sekeluarga terlindung dari gangguan sihir jin dan terbentengi dari godaan setan yang terkutuk.