Mengenali Gejala Stroke Melalui Gerak dan Aura Tubuh

gejala stroke
Kenali gejala awal stroke dari gerak dan aura tubuh

Gejala awal stroke dapat dideteksi dengan memperhatikan gerakan tubuh serta bentuk dan aura tubuh. gejala seperti ini sebenarnya dapat dibaca oleh siapa saja terutama orang terdekat dengan penderita. namun stroke memiliki gejala gejala awal yang terkadang sering tidak dihiraukan orang, atau memang karena tidak mengetahuinya. Kepedulian terhadap keluarga, sesama atau orang terdekat lainnya sangatlah dapat membantu untuk dapat mengetahui gejala awal stroke sehingga dapat segera diatasi sebelum benar benar terkena serangan stroke.

Ada beberapa bagian tubuh yang dapat dengan jelas terlihat jika ada gejala awal stroke yaitu :

Wajah
Cobalah membuat orang yang dicurigai mengalami stroke untuk dapat tersenyum lepas. Perhatikan dengan seksama, apakah wajahnya tampak tidak simetris atau terlihat kaku dan tidak terpancar aura kebahagiaan?

Lengan
Cobalah untuk meminta orang yang dicurigai mengalami stroke untuk mengangkat kedua lengan lurus ke depan dan menahannya untuk beberapa detik. Coba perhatikan posisi kedua tangan tersebut, apakah ia hanya dapat mengangkat satu lengan saja? Atau ternyata dapat mengangkat kedua tanganya? Coba kembali perhatikan bila ia dapat mengangkat kedua lengannya, apakah salah satu lengan terlihat turun?

Cara Berbicara
Mintalah orang yang dicurigai mengalami stroke untuk mengulang beberapa kalimat. Apakah ia mampu berbicara jelas seperti biasa atau terdengar pelo atau cadel? Akan lebih jelas bila kalimat yang diucapkan mengandung banyak konsonan huruf R seperti, ular melingkar-lingkar di atas pagar.

Waktu
Seperti disebutkan sebelumnya, time is brain, setiap detik sangat berharga. Bila ditemukan salah satu gejala di atas, segera hubungi atau bawa pasien ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas penanganan stroke terpadu.

Stroke merupakan penyakit yang kini begitu banyak dihinggapi masyarakat di Indonesia dan kini tidak mengenal usia, derajat ekonomi, jenis kelamin atau apa saja, stroke sudah mulai menyerang semua orang, sikap perduli kepada lingkungan dan sesama diharapkan dapat mencegah maraknya jenis penyakit ini, setidaknya dengan mengetahui gejala awal penyakit stroke dapat dihindari oleh semua orang.

Namun jika gejala awal telah terjadi segeralah konsultasikan ke dokter terpercaya untuk dapat ditanggulangi dengan segera sebelum semua terlambat.

Terapi Stroke Khalifa